Memiliki sebuah notebook memang tergolong efisien. Kita bisa menyelesaikan pekerjaan tanpa terikat tempat dan waktu. Namun perlu diperhatikan mengenai pemakaian dan perawatan. Bagaimana pun juga, Servis notebook adalah hal yang bisa menyita banyak waktu dan biaya. Nah, berikut ini merupakan beberapa tips sederhana mengenai pemakaian dan perawatan untuk mengantisipasi biaya servis yang bisa membengkak.

  • Pertama-tama, perhatikanlah pola pemakaian. Perlu diingat bahwa notebook berbeda dengan CPU. Jadi, kita tak bisa menggunakan sebuah notebook seperti halnya pemakaian CPU. Biasanya, sebuah notebook digunakan untuk memudahkan kinerja dan menyediakan keleluasaan dalam pekerjaan atau sekolah. Oleh sebab itu, gunakanlah pada jam-jam efisien dan fokuskan seperlunya.

Sebagai contoh, seseorang membutuhkan notebook untuk mengetik pekerjaan sebelum deadline. Nah, jangan biarkan notebok bekerja di luar batas. Ada baiknya untuk mematikan notebook selama sekitar jam setelah beberapa jam pemakaian. Selama jeda istirahat tersebut, pemakai notebook bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk melakukan aktivitas lain yang lebih rileks. Biarkanlah jari-jari beristirahat seperti halnya mesin notebook Anda.

  • Apabila notebook sudah terasa panas, segera matikan dalam beberapa jam. Jangan biarkan notebook bekerja terlalu lama dan mendadak mati. Jika hal itu terjadi berulang-ulang, dikhawatirkan ada beberapa komponen yang bisa rusak.
  • Perhatikan kebersihan dari notebook. Namun jangan risikokan dengan membongkar bagian dalam. Memang, kondisi notebook yang panas kemungkinan berasal dari debu-debu yang melekat di bagian dalam. Anda bisa membersihkan bagian luar atau keyboard dengan sikat halus dan cairan pembersihnya.
  • Berikutnya adalah menjaga kualitas baterai. Memang, sangat mengasyikkan ketika seseorang bisa berlama-lama di depan layar notebook. Sering tidak disadari bahwa kemampuan sebuah baterai yang paling lama adalah 4 jam membuat kita megecasnya dalam kondisi hidup. Sebenarnya, itu bukan masalah. Tapi itu akan jadi masalah besar ketika baterai sudah terisi penuh namun masih tertancap pada sumber listrik. Jika itu dibiarkan dalam waktu lama dan berkali-kali, bisa dipastikan bahwa baterai akan mudah ngedrop. Tentunya, Anda harus menggantinya dengan baterai baru yang cenderung mahal.
  • Selain itu, jangan sekali-sekali menancapkan notebook langsung ke sumber listrik tanpa baterai. Memang, itu terlihat sangat praktis dan membuat baterai awet. Baterai memang akan berumur panjang, namun tidak dengan notebook Anda. Karena tegangan listrik yang besar akan langsung mengalir ke notebook tanpa adaptor. Ingatlah bahwa ini bukan CPU. Sementara kita tahu bahwa sebuah komputer pun butuh stabilizer untuk tegangan listrik.

Nah, perhatikanlah hal-hal di atas untuk mengantisipasi servis notebook yang bisa menghabiskan banyak biaya. Ada baiknya untuk selalu menggunakan notebook dalam keadaan wajar. Sementara itu, segera bawa ke tempat servis jika ada masalah mengganggu di notebook. Jangan pernah membongkarnya sendirian.